Muhamad Masduqi Mahfudz_201180153_Satuan Pendidikan Muadalah Sebagai Tonggak Kemajuan Pondok Pesantren di Indonesia


Satuan Pendidikan Muadalah Sebagai Tonggak Kemajuan Pondok Pesantren di Indonesia

Muhamad Masduqi Mahfudz

201180153

Pondok pesantren muadalah merupakan satuan pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh dan berada di lingkungan pesantren dengan mengembangkan kurikulum sesuai kekhasan pesantren dengan basis kitab kuning atau dirasah islamiyah dengan pola pendidikan mu’allimin secara berjenjang dan terstruktur yang dapat disetarakan dengan jenjang pendidikan dasar dan menengah di lingkungan kementerian agama.

Tujuan utama penyelenggaraan pesantren muadalah diantaranya adalah untuk menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada peserta didik, mengembangkan kemampuan, pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik agar menjadi ahli ilmu agama Islam (mutafaqqih fiddin), serta mengembangkan pribadi akhlakul karimah pada diri peserta didik.

Ada 2 tipe pesantren muadalah, yaitu satuan pendidikan muadalah salafiyah dengan kitab kuning sebagai basisnya, dan satuan pendidikan muadalah mu’allimin berbasis dirasah mu;allimin dengan pola pendidikan mu’allimin. Pada pesantren muadalah salafiyah, kurikulumnya bersistem ma’hady yang artinya jenis kitab, alokasi waktu, dan kalender akademiknya terserah pada sang Kiai. Sedangkan pada pesantren muadalah mu’allimin kurikulumnya bersistem madrasy, yang artinya pembelajarannya sudah terjadwal dengan rapi layaknya sekolah formal.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhamad Masduqi Mahfudz_201180153_Perkembangan dan tantangan kebijakan pendidikan Islam di Indonesia

Muhamad Masduqi Mahfudz_201180153_proses pembuatan kebijakan pendidikan