Muhamad Masduqi Mahfudz_201180153_Pendidikan Islam Dalam Sistem Kebijakan Pendidikan Nasional

PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL

Muhamad Masduqi Mahfudz

201180153

1. Pengertian Pendidikan, Pendidikan Nasional, dan pendidikan Islam.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

Pendidikan Islam menurut Zakiah Darajat adalah pembentukan kepribadian muslim atau perubahan sikap dan tingkah laku sesuai dengan petunjuk ajaran Islam.

2. Kedudukan Pendidikan Islam dalam Sistem Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.

UU No. 20 Tahun 2003 pada Bab II Pasal 3, bahwa “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhamad Masduqi Mahfudz_201180153_Perkembangan dan tantangan kebijakan pendidikan Islam di Indonesia

Muhamad Masduqi Mahfudz_201180153_proses pembuatan kebijakan pendidikan

Muhamad Masduqi Mahfudz_201180153_Satuan Pendidikan Muadalah Sebagai Tonggak Kemajuan Pondok Pesantren di Indonesia