Muhamad Masduqi Mahfudz_201180153_resume makalah kebijakan pendidikan sebagai kebijakan publik

 RESUME MAKALAH KEBIJAKAN PENDIDIKAN SEBAGAI KEBIJAKAN PUBLIK

Muhammad Masduqi Mahfudz

201180153

1. Pengertian kebijakan publik merupakan Keputusan atau pilihan tindakan yang secara langsung mengatur pengelolaan dan pendistribusian sumber daya alam, finansial dan manusia demi kepentingan publik, yakni rakyat banyak, penduduk, masyarakat atau warga negara.

2. Kebijakan publik menurut Winarno sebagaimana dikutip oleh Muhammad Munadi dan Barnawi adalah kebijakan yang dikembangkan oleh lembaga-lembaga pemerintah dan pejabat-pejabat pemerintah yang dipengaruhi oleh aktor-aktor dan faktor-faktor bukan pemerintah.

3. Batasan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam Undang undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan peraturan pemerintah yang secara oprasional mengatur pelaksanaan undang undang tersebut.

4. Proses kebijakan dapat digambarkan sebagai suatu sistem yaitu ada input, proses dan output. Input proses kebijakan adalah isu kebijakan atau agenda pemerintah, sedangkan proses kebijakan berupa perumusan formulasi kebijakan dan implementasi kebijakan.

5. Pendekatan filsafat moral tentang hakikat dan tujuan hidup manusia yakni tercapainya kebahagiaan dan keadilan manusia

6. Pendekatan ekonomi politik - khusus berkaitan dengan fokus masalah - lebih cenderung membahas kebijakan pendidikan yang mengarah sebagai jasa layanan publik atau pribadi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhamad Masduqi Mahfudz_201180153_Perkembangan dan tantangan kebijakan pendidikan Islam di Indonesia

Muhamad Masduqi Mahfudz_201180153_proses pembuatan kebijakan pendidikan

Muhamad Masduqi Mahfudz_201180153_Satuan Pendidikan Muadalah Sebagai Tonggak Kemajuan Pondok Pesantren di Indonesia