Muhamad Masduqi Mahfudz_201180153_Perkembangan dan tantangan kebijakan pendidikan Islam di Indonesia

PERKEMBANGAN DAN TANTANGAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Muhamad Masduqi Mahfudz

201180153

A. Perkembangan Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia

1. Masa Pra Kemerdekaan, pada masa ini kebijakan pemerintahan kolonial Belanda terhadap kebijakan pendidikan Islam di Indonesia bersifat menekan diskriminatif, dimana pendidikan Islam harus dikontrol, diawasi dan dikendalikan.

2. Masa Orde Lama, keberadaan pendidikan Islam pada masa awal kemerdekaan semakin jelas, karena beberapa lembaga telah diakui bahkan dilindungi dan dikembangkan oleh pemerintah.

3. Masa Orde Baru, pada masa ini, kebijakan system pendidikan nasional didasarkan pada Tap MPRS No. 27 pasal 1 tanggal 5 Juli 1996.

4. Masa Reformasi, pada awal reformasi, SISDIKNAS masih diatur oleh UUSPN No. 2 tahun 1989 yang menurut banyak kalangan orang sudah tak sesuai dengan UU No. 2 tahun 1999 tentang otonomi daerah. 

B. Tantangan Kebijakan Pendidikan Agama Islam di Indonesia

Adapun beberapa tantangan utama yang dianggap memiliki pengaruh paling krusial terhadap kebijakan pendidikan Islam di Indonesia saat ini, diantaranya yang pertama adalah kemajuan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan teknologi), kedua adalah adanya demokratisasi dan ketiga adalah dekandensi moral  . Ketiga tantangan tersebut membawa pengaruh besar dalam semua kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhamad Masduqi Mahfudz_201180153_proses pembuatan kebijakan pendidikan

Muhamad Masduqi Mahfudz_201180153_Satuan Pendidikan Muadalah Sebagai Tonggak Kemajuan Pondok Pesantren di Indonesia